Wednesday, May 4, 2016

Membuat Lingkaran dengan OpenGL

Siang bro dan sist, sebelumnya tadi pagi saya posting tentang membuat program kacamata dengan openGL, naahh sekarang saya mau bagi-bagi ilmu cara membuat lingkaran dengan openGL.

Langsung saja yaa :
1. Buka Visual C++
2. Copy Paste Source code dibawah ini


#include <windows.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <gl/glut.h>
#include <math.h> 

const double PI = 3.141592653589793;
 int i;

void lingkaran(int jari2, int jumlah_titik, int x_tengah, int y_tengah) {
 glBegin(GL_POLYGON);
 for (i=0;i<=360;i++){
 float sudut=i*(2*PI/jumlah_titik);
 float x=x_tengah+jari2*cos(sudut);
 float y=y_tengah+jari2*sin(sudut);
 glVertex2f(x,y);
 }
 glEnd();
 }

void renderScene(void) {
 glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
 glColor3f(0.0, 0.0, 1.0); //warna
 lingkaran(100,100,0,0);
 glFlush();
 }

void main(int argc, char **argv) {
 printf("Kapten HIU");
 glutInit(&argc, argv);
 glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA);
 glutInitWindowSize(640, 480);
 glutInitWindowPosition(100, 100);
 glutCreateWindow("Lingkaran");
 gluOrtho2D(-320., 320., -240., 240.);
 glutDisplayFunc(renderScene);
 glutMainLoop();
}


3. Prosesnya

4. Hasilnya
Selamat mencoba broo dan sist, kalau merasa kesulitan silahkan komentar yaaa..

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments